0 Keranjang : Rp 0

Apa Itu Tokopedia Seller Center

Tokopedia Seller Center merupakan platform yang diciptakan oleh Tokopedia untuk memfasilitasi para seller Tokopedia dalam melakukan aktifitas penjualan produk mereka. Dengan adanya Tokopedia Seller Center, para seller dapat meningkatkan penjualan dan mengelola toko secara terpusat. Tokopedia Seller Center memudahkan seller dalam mengatur strategi promosi, produk, penjualan dan laporan keuangan.


Aplikasi Tokopedia dan Tokopedia Seller Center tentu berbeda, Tokopedia berguna untuk berbelanja online antara penjual dan pembeli, sedangkan Tokopedia Seller Center khusus penjual untuk mengatur dan mengelola toko. Pada platform Tokopedia Seller Center, penjual dapat mengatur beberapa hal yaitu sebagai berikut :

  1. Manajemen produk, penjual dapat mengatur detail produk yang akan dijual, seperti harga, deskripsi produk, stok, ukuran, berat dll.
  2. Chat, penjual dapat melayani pelanggan melalui menu chat yang disediakan. Penjual dapat merespon langsung pertanyaan-pertanyaan pembeli pada menu ini.
  3. Diskusi, menu ini digunakan penjual untuk menampung pertanyaan yang diajukan oleh pembeli terkait produk yang akan dibeli.
  4. Manajemen penjualan, seller dapat melihat dan mengatur penjualan pada menu ini, seperti order yang masuk, order yang sedang diproses dan order yang sudah selesai.
  5. Statistik, pada fitur ini seller dapat melihat statistik produk, penjualan dan pembeli. Dengan adanya fitur ini penjual dapat mengoptimalkan penjualan dan mengatur strategi pemasaran toko agar semakin dikenal dan diminati oleh pembeli

Tokopedia menyediakan 2 teknologi yang dapat diakses yaitu melalui website https://seller.tokopedia.com/ dan melalui aplikasi Tokopedia Seller Center yang dapat diunduh via Play Store. Untuk pendaftaran toko di tokopedia dapat Anda simak pada artikel ini.


Tokopedia mengeluarkan fitur-fitur baru pada aplikasi Tokopedia Seller Center untuk mendukung seller dalam menjalankan usaha. Fitur tersebut diantaranya :

  • Fitur search, digunakan untuk mencari informasi seputar Tokopedia Seller Center seperti fitur, layanan, penjualan dll. 
  • Fitur buat voucher sendiri, digunakan untuk membuat voucher yang akan diterapkan pada produk yang akan dijual. Pada fitur ini Anda dapat menentukan periode promo, jenis promo, dan budget. Fitur voucher ini bisa digunakan seller sebagai strategi promo toko dan produk-produk yang dijual di toko, agar banyak pembeli yang tertarik berbelanja. Anda dapat mengatur voucher yang akan digunakan, voucer yang tersedia terdiri dari 2 jenis yaitu : Voucher Public merupakan voucher yang yang dapat digunakan oleh semua calon pembeli. Voucher Khusus merupakan voucher yang dibuat khusus untuk pembeli tertentu

  • Penjual dapat mengatur voucher yang akan digunakan untuk promo. Misalnya mengatur promo Voucher Cashback. Voucher Cashback ini memungkinkan pembeli mendapatkan pengembalian dana langsung yang akan mengurangi jumlah uang yang diterima penjual dengan nominal yang sama. Cara membuat voucher melalui aplikasi Tokopedia Seller Center yaitu sebagai berikut :
  1. Masuk ke menu Iklan & Promosi
  2. Klik Voucher Cashback 
  3. Kemudian klik Buat Voucher, Pilih target voucher, kemudian isi nama voucher dan klik Lanjutkan 
     
  4. Selanjutnya Anda dapat memilih jenis cashback bisa bentuk Rupiah atau Presentase. Masukkan jumlah cashback, minimum pembelian dan kuota cashback. Kemudian klik Lanjutkan 
  5. Tentukan periode voucher aktif, pilih tanggal mulai dan tanggal berakhir dengan periode maksimal 1 bulan 
  6. Selesai, Anda tinggal memeriksa kembali voucher yang telah diisi sebelumnya, jika sudah yakin, anda dapat melanjutkan dengan mengklik tombol Tambah Voucher dan Bagikan Sekarang 
  • Fitur rating, Anda dapat memantau rating dengan mudah pada menu ulasan. Rating sangat penting untuk menjaga nama baik toko karena hal ini mempengaruhi minat pembeli terhadap produk-produk yang dijual di toko Anda. 
  • Bagaimana? Tokopedia Seller Center menarik bukan? Langsung saja mulai bisnismu dengan membuka toko di Tokopedia dan nikmati keuntungan berkali lipat.


           

    Komentar

    Tambahkan Komentar

    Chat Admin
    Sale Up To 75%
    Daftar Sekarang