0 Keranjang : Rp 0

Cara Dropship di Tokopedia

Bisnis online semakin hari semakin menjamur di Indonesia. Kecanggihan teknologi menjadi faktor pendukung bagi masyarakat untuk merambah bisnis online ditambah lagi pandemi yang tidak menemui titik terang. Fenomena pandemi memaksa masyarakat untuk berfikir lebih keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyak karyawan yang terkena dampak pandemi dan beralih ke bisnis online dengan cara berjualan menggunakan sistem yang beragam. Salah satunya sistem dropship.

Dropship merupakan cara yang dilakukan oleh seseorang untuk berjualan tanpa harus memiliki banyak modal dan stok barang. Orang yang melakukan dropship disebut dropshipper. Dengan sistem dropship seorang pelaku bisnis tidak perlu melakukan pengemasan dan pengiriman barang karena semua dilakukan oleh Supplier. Sistem ini cocok bagi para pelaku bisnis pemula, yang belum memiliki banyak modal dan pengalaman.

Produk yang akan di jual bisa didapat diberbagai marketplace atau supplier yang menyediakan dropship dengan harga barang yang lebih murah dan berbagai keuntungan lainnya. Dengan begitu Anda dapat memasarkan kembali dengan harga yang kompetitif.

Sebagai salah satu marketplace terbaik di Indonesia, Tokopedia menyediakan fasilitas dropship bagi pelanggannya. Namun Tokopedia memiliki ketentuan yaitu sebagai berikut :

  1. Tokopedia tidak memperbolehkan untuk melakukan Internal Dropship dimana penjual Tokopedia membeli barang dari sesama penjual di Tokopedia lalu menjualnya kembali kepada pembeli di Tokopedia. Misalnya, Bapak Yayan membeli produk di toko A yang ada di Tokopedia dan menjual kepada Bapak Ijan sebagai pembeli di Tokopedia. Hal ini tidak bisa dilakukan karena 1 resi yang diinput berlaku untuk 1 penjual saja.
  2. Transaksi yang diperbolehkan adalah dengan menjual produk keluar dari platform Tokopedia atau disebut External Dropship. Misalnya, Bapak Yayan membeli produk di toko A yang ada di platform Z dan menjualnya kembali ke Bapak Ijan di Tokopedia.
  3. Jika diketahui ada transaksi yang menggunakan Internal Dropship maka dana akan dikembalikan ke pembeli. Kerugian ditanggung sepenuhnya oleh Internal Dropshipper.
  4. Layanan dropship tidak tersedia untuk produk yang mendukung sistem COD / Bayar di tempat.

Bagi Anda yang baru akan memulai dropship di Tokopedia, ada beberapa hal yang dapat dipersiapkan yaitu sebagai berikut :

  1. Tentukan produk yang akan dijual, Anda bisa mencari produk yang akan dijual dengan mengunjungi Google Analytics untuk mencari produk-produk apa saja yang paling diminati oleh masyarakat. Pilih produk yang banyak digunakan dan paling dibutuhkan dikeseharian masyarakat. Hindari produk musiman. Anda dapat memilih lebih dari satu produk misalnya pakaian, alat elektronik, makanan dan lain-lain
  2. Pilih Supplier, tentukan supplier yang akan diajak berkolaborasi untuk bisnis dropship Anda. Pastikan supplier yang Anda pilih merupakan supplier terpercaya dan memiliki banyak pilihan produk dengan harga yang murah. Anda juga bisa menilainya melalui kualitas produk, layanan, rating dan review.
  3. Membuat akun seller di Tokopedia, buat akun dengan nama toko yang unik dan mudah dihapalkan oleh pelanggan. Atur strategi sedemikian rupa sehingga toko anda memiliki identitas yang khas dibandingkan dengan toko lain. Bagi Anda yang masih bingung cara membuat akun di Tokopedia bisa disimak pada link ini.
  4. Tambahkan produk, setelah melakukan survey produk yang akan dijual, mendapatkan Supplier terpercaya dan membuat akun seller maka tahap selanjutnya adalah mengupload foto-foto dan produk yang akan dijual beserta propertinya (keterangan nama, deskripsi, berat dan ukuran produk). Dengan keterangan tersebut calon pembeli dapat mengetahui infomasi produk secara lengkap.

Kini Anda memiliki toko sendiri dan siap menerima pesanan. Sembari menunggu, Anda dapat melakukan promo produk / toko melalui sosial media seperti Instagram, Whatsapp, Facebook dan Twitter. 

Setelah Anda menerima pesanan, Anda dapat melakukan pembelian yang sama seperti pembelian di Tokopedia seperti biasanya akan tetapi ada satu hal yang membedakan yaitu centang Dropshipper pada saat Anda berada di halaman Checkout. Setelah dicentang kemudian masukan Nama Pengirim dan Nomor Telepon Pengirim dalam hal ini nama toko & nomor telepon Anda.


Lalu, masukan alamat penerima kedalam alamat pengiriman. Dengan begitu Supplier akan mengirimkan produk kepada pelanggan Anda.

Sekian infomasi cara-cara menjadi dropshipper di Tokopedia. Selamat berjualan.


       

Komentar

Tambahkan Komentar

Chat Admin
Sale Up To 75%
Daftar Sekarang