Apa Itu Shopee Seller Center

Shopee merupakan salah satu marketplace yang dikenal di masyarakat Indonesia. Marketplace yang identik dengan warna orange ini, kabarnya dikunjungi oleh 86 juta pengguna disetiap bulannya. Shopee telah mendapat banyak penghargaan baik di dalam dan luar negeri. Oleh karenanya banyak pengunjung yang mendaftar menjadi member atau menjadi seller.


Shopee menyediakan platform terpisah untuk penjual bernama Shopee Seller Center. Shopee Seller Center disediakan khusus oleh Shopee dengan maksud agar penjual dapat mengelola dan mengatur toko dengan mudah. Shopee Seller Center dapat diakses melalui link https://seller.shopee.co.id/. Untuk mendaftar akun Shopee, Anda dapat menyimak tahapannya pada artikel ini.

Fitur utama yang tersedia pada Shopee Seller Center yaitu : 

  1. Pengiriman, fitur ini digunakan untuk memantau status pengiriman yang sedang berjalan, perlu dikirim, dibatalkan, dikembalikan dan pengiriman yang sudah selesai. Pada fitur pengiriman ini tersedia juga fitur pengiriman massal yang digunakan penjual untuk mempermudah proses penyelesaian pesanan. Sehingga penjual dapat menghemat waktu seefesien mungkin dalam perharinya. Kasus lonjakan pesanan biasanya terjadi saat masa promo, dan fitur ini sangat dibutuhkan dimana penjual harus memproses pesanan dalam jumlah banyak. 
  2. Pesanan, fitur ini digunakan untuk melihat status pesanan yang terdiri dari beberapa status diantaranya yaitu : (a) Belum bayar merupakan status dimana pelanggan sudah melakukan checkout namun belum melakukan pembayaran. (b) Perlu dikirim merupakan status dimana pelanggan sudah melakukan pembayaran dan penjual perlu lakukan proses pengiriman. (c) Dikirim merupakan status dimana pesanan telah diserhkan ke pihak kurir dan sedang dalam proses pengiriman. (d) Selesai merupakan status pesanan yang telah sampai ke pelanggan dan dikonfirmasi oleh pelanggan. (e) Pembatalan merupakan status pesanan yang dibatalkan oleh pembeli atau pesanan yang melebihi batas waktu pengiriman. (d) Pengembalian merupakan status pesanan yang dibatalkan atau dikembalikan oleh pelanggan atas dasar alasan tertentu. 
  3. Produk, fitur ini digunakan untuk mengelola produk yang akan dijual seperti menambahkan produk baru, mengedit foto produk, menambahkan deskripsi, mengatur status produk, menampilkan dan mengarsipkan produk yang sudah di upload dan lain-lain. 
  4. Promosi, fitur ini digunakan untuk mengatur promo yang akan diberlakukan di toko penjual. Terdapat beberapa promo yang dapat dipilih oleh penjual untuk menarik minat pembeli. Promo yang disediakan salah satunya yaitu Promo Ongkir Toko. Penjual dapat menentukan nilai gratis ongkir dengan memotong nilai ongkir atau menanggung seluruh ongkir untuk menarik minat pembeli dan meningkatkan penjualan. Penjual dapat mengatur syarat untuk pembeli agar mendapatkan gratis ongkir. Misalnya dengan menentukan minimal pembelian 3 buah produk tertentu mendapatkan gratis ongkir. 
     

Terdapat banyak fitur lainnya yang dapat diakses oleh penjual untuk meningkatkan performa toko dan meningkatkan penjualan produk. Penjual dapat mengatur strategi dengan menganalisis review yang masuk dari pelanggan, melayani pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan, mempercantik profil toko agar terlihat professional dan lain-lain

       

Komentar

Tambahkan Komentar

Chat
Sale Up To 75%
Daftar Sekarang